Sophian Jaka, Prawira and Eny Tri, Wahyudi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Sekolah Inklusi SDN Wirolegi 1 Jember dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Sekolah Inklusi SDN Wirolegi 1 Jember dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. ISSN 2621-3257
![[thumbnail of Penelitian Ganjil 24-25 (Publikasi) Sophian dan Eny.pdf]](http://repo.umsj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Penelitian Ganjil 24-25 (Publikasi) Sophian dan Eny.pdf - Published Version
Download (387kB)
Abstract
Kemampuan membaca dengan memahami isi bacaan adalah hal yang sangat mutlakdiperlukan di dalam pendidikan, di mana pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalammeningkatkan sumber daya manusia dan taraf kehidupan bangsa. Kemampuan membaca merupakankemampuan dasar dan menjadi prioritas untuk dikembangkan sejak dini, terutama di sekolah dasar.Salah satu jenis membaca di sekolah dasar adalah membaca permulaan yang diajarkan di fase awalkelas 1 dan 2 sekolah dasar. Membaca merupakan proses mengucapkan tulisan, serta menanggapi dan memahami isi bahasa tulisan. Setiap kelas memiliki kumpulan peserta didik yang unik dan beragam. Beragamnya minat, gaya belajar, dan latar belakang budaya peserta didikmenggambarkan perbedaan karakteristik tersebut. Terutama pada kelas yang ada di sekolah inklusi.Salah satu sekolah inklusi di Jember adalah SDN Wirolegi 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 28 responden. Temuan dari penelitian ini adalah raata-rata kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Wirolegi 1 Jember pada mengenal huruf dengan skor 66,43; aspek membaca kata bermakna dengan skor sebesar 62,5; aspek membaca kata tidak berarti dengan skor sebesar 59,29; aspek kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dengan skor sebesar 61,07; dan aspek menyimak (pemahaman mendengar) dengan skor sebesar 62,86. Strategi yang dapat digunakan seorang pendidik pada kelas inklusi adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan bahwa pendidik lebih mampu mengidentifikasi, menyelidiki, dan melayani kebutuhan belajar yang berbeda dari peserta didik yang beragam.
Kata kunci: kemampuan membaca, membaca permulaan, sekolah inklusi, pembelajarandiferensiasi
The ability to read by understanding the content of the reading is absolutely necessary in education, where education is one of the most important factors in improving human resources andthe nation's standard of living. Reading ability is a basic ability and is a priority to be developed from an early age, especially in elementary school. One type of reading in elementary school is beginning reading which is taught in the early phases of grades 1 and 2 of elementary school. Reading is the process of pronouncing writing, as well as responding to and understanding the content of written language. Each class has a unique and diverse group of students.
The diverse interests, learning styles, and cultural backgrounds of students illustrate these differences in characteristics. Especially in classes in inclusive schools. One of the inclusive schools in Jember isSDN Wirolegi 1. This research uses descriptive research with a quantitative approach. Sampling used purposive sampling and the total sample was 28 respondents. The findings of this research arethe average initial reading ability of grade 2 students at SDN Wirolegi 1 Jember in recognizing letters with a score of 66.43; the aspect of reading meaningful words with a score of 62.5; the aspectof reading meaningless words with a score of 59.29; aspects of fluency in reading aloud and reading comprehension with a score of 61.07; and the listening aspect (listening comprehension) with a score of 62.86. The strategy that an educator can use in an inclusive class is differentiated learning.Differentiated learning indicates that educators are better able to identify, investigate, and serve thedifferent learning needs of diverse learners.
Keywords: reading ability, beginning reading, inclusive school, differentiated learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | faris fauroqi r |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 09:17 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 09:17 |
URI: | http://repo.umsj.ac.id/id/eprint/28 |